Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

- Advertisement -

- Advertisement -

Ini Menu Sarapan Tradisional Orang Korea yang Penuh Nutrisi

5

Jakarta – Sarapan juga dinikmati orang Korea. Untuk sarapan tradisional ICNTOGEL, mereka menikmati ragam menu mengenyangkan yang penuh nutrisi ini.

Orang Korea terkenal doyan daging sehingga makanan ini pun kerap hadir di pagi hari. Dikutip dari The Spruce Eats (13/11), sarapan tradisional orang Korea umumnya meliputi daging, nasi, dan sayuran.

Jenis menu ini tak jauh berbeda dengan menu makan siang atau makan malam, hanya saja sedikit lebih ringan. Berikut susunan menu lengkap sarapan tradisional orang Korea:

1. Sup atau stew


Sup atau stew menghadirkan kuah yang membuat orang Korea lebih semangat makan pagi. Menu yang terkenal adalah haejangguk. Disebut-sebut sup ini adalah “obat” mabuk yang jitu. Racikannya terdiri dari daging babi, kubis, darah segar, ragam sayuran, dan kaldu sapi. Ada juga galbitang, sup kental yang terbuat dari tulang iga sapi.

2. Olahan daging


Untuk sarapan, orang Korea menyukai bulgogi yaitu daging panggang berbumbu kecap asin dan gula. Rasanya manis gurih dan sangat cocok dimakan dengan nasi hangat. Ada juga samgyeopsal, bagian perut babi yang dipanggang lalu dibalut daun selada. Biasanya samgyeopsal juga dimakan bersama kimchi.

3. Banchan


Yang unik dari menu tradisional Korea adalah banchan. Berupa makanan pembuka yang juga bisa jadi makanan pendamping nasi. Biasanya banchan disajikan dalam piring kecil. Pilihan menunya beragam dan orang Korea kerap meamsak banchan tertentu dalam jumlah banyak agar bisa disajikan selama beberapa hari.

Ada banyak jenis banchan, salah satunya sukju namul. Tumisan atau rebusan sayur ini dibuat dari tauge dengan bumbu garam, bawang putih, dan minyak wijen. Kadang sukju namul juga ditambahkan mentimun atau wortel. Banchan lainnya adalah kimchi, myeolchi bokkeum, dan ojingeochae muchim.

4. Makanan kaki lima


Saat tidak sempat sarapan di rumah dengan menu lengkap, orang Korea menikmati makanan yang dibeli di penjaja kaki lima. Misalnya saja sandwich bernama tost-u atau gaeran tost-u berbahan telur, kubis, dan brown sugar. Menu ini tergolong menu Korea yang terinspirasi menu Barat.

Menu lain adalah susu pisang atau banana uyu dan donat chapssal yang terbuat dari tepung beras manis. Tak ketinggalan gyerangbbang, roti telur khas Korea ini bentuknya mirip muffin. Dijamin mengenyangkan karena roti bundar diberi topping telur matang.