Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

Berenang Aman dengan Ubur-ubur, Ini 4 Tempat Pilihan di Indonesia

9

Bagi kamu yang penasaran bagaimana berenang dengan ubur-ubur, di Indonesia ada beberapa destinasi wisata yang akan membawa kamu berenang dengan makhluk laut tidak bertulang ini. Uniknya, ubur-ubur di destinasi ini aman diajak berenang bersama alias tidak menyengat.

“Ada di NTT, ada di Kalimantan, tepatnya di Kakaban, ada di Misoon, Papua, ada di Sulawesi” ujar VP Sea World & Ocean Dream Samudra, Rika Sudranto di Museum Sea World Ancol, Jakarta, Rabu (18/09/2019). Ia menjelaskan bahwa destinasi wisata tersebut memiliki ubur-ubur yang tidak berbahaya atau tidak menyengat. Sensasi baru dalam menyelam akan didapat ketika bisa bersentuham langsung dengan makluk air satu ini. Daerah-daerah yang terdapat segrombolan ubur-ubur tidak menyengat adalah:

1. Pulau Kakaban, Kalimantan Timur Di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur kamu bisa melihat sekumpulan ubur-ubur berwarna jingga dan tak menyengat. Baca juga: Berenang Bersama Ubur-ubur di Danau Kakaban Terletak di Danau Kakaban dengan air jernih berwarna biru, kamu akan melihat dengan jelas pemandangan langka berupa ubur-ubur hidup berenang mengelilingi perenang tanpa harus khawatir akan disengat.

2. Togean, Sulawesi Tengah Selain di Kakaban, di Kepulauan Togean juga terdapat sebuah tempat dengan ubur-ubur yang ramah. Ubur-ubur di Kepulauan Togean ini memiliki kesamaan dengan di Kakaban, yaitu ubur-uburnya tidak berbahaya atau menyengat ketika dipegang.

3. Misool, Papua Barat Raja Ampat memang tidak habis-habisnya untuk dibahas. Misool, Raja Ampat, Papua Barat memiliki sebuah spot yang dipenuhi dengan ubur-ubur.

Spot ini berada di tiga dari beberapa danau air asin yang ada di Misool. Danau-danau ini bisa diakses dengan trekking, jadi cukup bikin keringat bercucuran. Untuk itu, lebih baik untuk melakukan beberapa latihan fisik sebelum memutuskan untuk ke danau penuh ubur-ubur di Misool.

4. Landu, Nusa Tenggara Timur Bergeser ke Nusa Tenggara Timur, yang memiliki tempat kumpulan ubur-ubur cantik, yaitu di Pulau Landu, Rote. Di samping itu, kawasan ubur-ubur di sini masih jarang diketahui oleh wisatawan. Di Pulau Landu juga disediakan fasilitas untuk berwisata, mulai dari diving, beach hopping, hingga snorkeling bersama ubur-ubur.