Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

FBI Akhirnya Mengambil Tindakan Terhadap Kelompok Hacker Rusia

11

Jakarta – Departemen Keuangan pada hari Kamis menyetujui kelompok peretasan Rusia yang disebut Evil Corp, yang menggunakan malware untuk menginfeksi komputer dan mengumpulkan kredensial masuk dari ratusan lembaga keuangan di seluruh dunia, mencuri lebih dari $ 100 juta.

Tindakan oleh Departemen Keuangan yang menargetkan Evil Corp diambil bersamaan dengan Departemen Kehakiman, yang menuntut dua orang Rusia yang merupakan tokoh terkemuka dalam organisasi dunia maya, Maksim Yakubets dan Igor Turashev, atas peran mereka dalam kampanye malware.

“Tindakan terkoordinasi ini dimaksudkan untuk mengacaukan kampanye phishing besar-besaran yang diatur oleh kelompok peretas yang berpusat di Rusia ini,” kata Menteri Keuangan Steve Mnuchin dalam sebuah pernyataan, menyebut Evil Corp “salah satu organisasi penjahat cyber yang paling produktif di dunia.”

Berbasis di Rusia, togel online berada di belakang pengembangan dan penyebaran malware Dridex, yang disebarkan melalui kampanye phishing dan digunakan untuk mengotomatiskan pencurian informasi pribadi dan keuangan. Setelah komputer terinfeksi, Evil Corp menggunakan kredensial perbankan online untuk mengambil uang dari rekening bank korban, yang kemudian ditransfer ke rekening luar negerinya sendiri, menurut Departemen Keuangan.

Pada 2016, kelompok peretasan Rusia mengambil kredensial perbankan dari pelanggan sekitar 300 lembaga keuangan di lebih dari 40 negara.

Departemen Keuangan menggambarkan Evil Corp sebagai “kelompok bisnis yang dijalankan oleh sekelompok individu yang berbasis di Moskow, Rusia, yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dan hubungan yang berkembang dengan baik dan saling percaya.”

Yakubets, yang memiliki hubungan dengan Dinas Keamanan Federal Rusia, menjabat sebagai pemimpin Evil Corp dan mengawasi kegiatan peretasan kelompok itu, menurut Departemen Keuangan. Selain dakwaan yang tidak disegel terhadapnya, Departemen Luar Negeri juga telah mengeluarkan hadiah $ 5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Turashev, sementara itu, memiliki kendali atas malware Dridex pada 2015 dan membantu mengeksploitasi jaringan korban Evil Corp, kata Treasury.

Keduanya didakwa dengan konspirasi, peretasan komputer, penipuan kawat, dan penipuan bank sehubungan dengan distribusi Dridex.

Skema peretasan Evil Corp menargetkan berbagai entitas, termasuk Distrik Sekolah Kota Sharon di Pennsylvania. Setelah menginstal malware di komputer yang digunakan oleh distrik sekolah, peretas gagal mencoba untuk mentransfer hampir $ 1 juta dari akun distrik ke kasnya sendiri.

Malware juga diinstal pada komputer yang digunakan oleh Penneco Oil Company dan peretas diduga mencuri jutaan dari perusahaan yang berbasis di Pennsylvania.

Kelompok itu diduga menargetkan pabrik senjata api Remington dan 84 Lumber, serta perusahaan-perusahaan Pennsylvania lainnya, dengan pencurian terbaru terjadi pada bulan Maret, kata Departemen Kehakiman.

Tindakan tersebut bermula dari upaya multiyears dengan sekutu NATO, yang tujuannya “adalah untuk menghentikan Evil Corp, menghalangi distribusi Dridex, menargetkan jaringan ‘money bagule’ yang digunakan untuk mentransfer dana curian, dan pada akhirnya untuk melindungi warga negara kami dari kegiatan kriminal kelompok, “kata Mnuchin.