Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

- Advertisement -

- Advertisement -

Asus Ogah Garap Ponsel Murah

2

ICNGroup – Belakangan ini nama Asus sudah jarang terdengar di bisnis ponsel di Indonesia, kecuali kabar dirilisnya Zenfone 6 pada 15 November mendatang.

Ternyata pabrikan asal Taiwan itu tengah melakukan perubahan fokus bisnis ponselnya, yaitu dengan berfokus pada perangkat-perangkat flagship, seperti Zenfone 6 dan ROG Phone, yang penggunanya relatif kecil dan spesifik, berbanding terbalik dengan ponsel menengah ke bawah yang volume penjualannya tinggi.

“Kami melakukan perubahan fokus bisnis, dari yang tadinya mengejar angka market share, kini kami berfokus untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari end user dengan ROG Phone dan Zenfone 6,” ujar Muhammad Firman, Head of Public Relation & e-Marketing Asus Indonesia.

Dengan kata lain, Asus tak lagi menjamah sektor ponsel menengah ke bawah. Pernyataan Firman ini terbukti dengan ponsel terakhir yang diluncurkan Asus adalah Zenfone Live L2, yang dirilis pada Mei 2019 lalu.

“Itu yang terakhir, setelah ini nggak ada lagi. Sampai ada perubahan strategi lagi dari pusat,” tambahnya.

Tak adanya ponsel baru yang diluncurkan Asus ini memang membuat mereka tertendang dari lima besar pabrikan ponsel di Indonesia. Padahal, Asus sempat berjaya ketika mereka mulai merilis seri Zenfone di Indonesia.

“Kami sempat ada di posisi ke-2 dalam hal penjualan per kuartal,” kata Firman.

Saat itu, Zenfone generasi pertama dan Zenfone 2 saking populernya malah bisa dibilang menjadi ponsel gaib. Yaitu karena peminatnya banyak dan ketersediaan stok di pasaran cukup terbatas.