Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

- Advertisement -

- Advertisement -

5 City Car Terbaik di Indonesia, Apa Saja?

4

ICNGroup – City Car banyak dicari oleh para pecinta otomotif. Mobil ini sedang digandrungi banyak orang dan hampir semua produsen mobil masing-masing mengeluarkan produk city car mereka.

City car sangat banyak diminati khususnya kaum urban atau perkotaan dan para anak muda. Selain dimensinya yang mungil serta warna mobil yang sangat menarik, masih banyak lagi tentang city car yang bisa kamu ketahui.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai city car, kita harus tau pengertian tentang city car. City car merupakan mobil yang mesin dan dimensinya didesain untuk jalan raya di kota besar karena biasanya padat dan macet. Mobil mungil ini memiliki keunggulan hemat bensin karena memang mobil ini konsumsi bahan bakarnya tidak sebesar mobil Multipurpose Vehicle (MPV). Mobil ini biasanya sangat stylish baik itu dari segi eksterior maupun interior.

Ada banyak pilihan City Car yang bisa kita beli di Indonesia. Kalian bisa memilih sesuai dengan budget kalian maliki. Apabila mencari City Car murah, kalian bisa membeli LCGC sekelas Toyota Agya, Honda Brio, Daihatsu Ayla, atau All New Datsun Go.

Kebanyakan mobil LCGC hanya mengedepankan fungsionalitas, sehingga fitur keselamatan dan kenyamanan tergolong kurang. Jadi sebaiknya akan lebih baik mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk mendapatkan City Car terbaik yang menjamin kenyamanan bagi pengandaranya.

Beberapa mobil Non-LCGC biasa dibandrol di bawah Rp 200 juta-an bisa menjadi pilihan yang tepat. Tipe mobil tersebut seperti Honda Brio RS dan Suzuki Ignis Sport Edition yang dimana mobil ini sudah dilengkapi sistem pengereman ABS dan Dual SRS Airbag.

Apa saja Keunggulan City Car
Keunggulan city car yang pertama adalah dari segi bentuknya yang mungil membuat para pengendara gampang untuk melintas di jalanan yang macet di kota besar. Mobil City Car juga mempermudah kita saat parkir karena bodinya yang kecil. Keunggulan selanjutnya adalah mobil ini sangat irit bahan bakar. Karena mesinnya yang tidak terlalu besar, bobotnya juga relative ringan.

Apa Saja Kelemahan City Car
Mobil ini juga memiliki kelemahan. Apa kelemahan mobil ini?, salah satu kelemahan yang sering ditemui pada mobil ini adalah tidak mampu menembus medan-medan yang sulit seperti menanjak, dan juga melewati jalan yang rusak dikarenakan mobil ini yang cukup pendek.

Buat kamu yang ingin menggunakan city car sebagai kendaraan sehari-hari, detikcom telah merangkum beberapa mobil City Car terbaik yang memiliki konsumsi bahan bakar irit:

 

1. Honda Brio RS
Honda Brio

Mobil terbaik city car ini berbeda dengan Honda Brio Satya. Harganya pun lebih mahal, mobil ini dibanderol mencapai Rp 160 jutaan untuk tipe manual sedangkan Rp 180 jutaan untuk tipe CVT. Dengan harganya yang lebih mahal, kita juga mendapatkan lampu depan Projector dengan LED Light Guide serta sistem pengereman ABS+EBD. Mesin mobil ini ditenagai mesin 1.2 Liter dengan tenaga 90 PS dan torsi 110 Nm yang dapat berakselerasi dengan cepat.

 

2. Suzuki Ignis

Suzuki Ignis Sport

Walaupun bukan termasuk mobil LCGC, mobil city car ini sangat terjangkau. Harga mobil ini dibanderol mulai Rp 145 jutaan sampai Rp 165 jutaan. Selain itu, tersedia varian Ignis Sport Edition yang memiliki desain baru bercita rasa SUV yang sporty dan stylish.

 

3. Datsun Cross

Mobil Datsun Cross tergolong cukup diminati di Indonesia. Mobil compact crossover ini memiliki transmisi X-TRONIC CVT yang dioptimalkan untuk menghasilkan akselerasi mulus dan responsif dengan efisiensi bahan bakar. Ground Clearance setinggi 200 mm nya membuat mobil tidak hanya bisa dikendarai di jalanan perkotaan tapi juga melewati jalanan berbatu. Mobil dijual mulai Rp 161,49 juta sampai Rp 173,9 juta.

 

4. Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion

Dengan mesin 1NR-VE 1.3L DOHC Dual VVT-i, performa Sirion menjadi lebih bertenaga, namun tetap irit bahan bakar. All New Sirion dilengkapi dengan key free system dan Start / Stop Button disertai immobilizer, dan Digital AC yang memudahkan untuk mengatur suhu kabin sesuai keinginan.

Dengan adanya 2-Din Touch Screen Audio dilengkapi Parking Camera, ditambah Audio & phone handsfree steering switch, semakin menambah kenyamanan dan kemudahan bagi pengendara. Sirion dijual mulai Rp 187,1 juta sampai Rp 198,1 juta.

 

5. Hyundai Grand i10

5 City Car Terbaik di Indonesia, Apa Saja?

Mobil city car besutan Korea ini punya harga yang cukup mahal. Mobil dijual di harga Rp 184 juta untuk varian manual dan Rp 211,5 juta untuk varian matic.
Di balik kapnya, Hyundai Grand i10 ditenagai mesin Kappa 1.25 MPI D-CVVT.

Dengan mesin itu, diklaim city car ini bertenaga, tapi tetap efisien. Interiornya dilengkapi dengan ventilasi ACdi bagian belakang dengan desain ergonomis, audio head unit 2 din dengan speaker 4-way depan dan belakang, jok semi bucket, setir motor-driven power steering (MDPS), serta setir berlapis kulit.

Dari sisi safety, Hyundai Grand i10 dibekali airbag hingga teknologi HRBS (Hyundai Reinforced Body Structure) yaitu chassis atau frame monocoque yang terbuat dari baja berkualitas tinggi. HRBS berfungsi layaknya ‘roll cage’ untuk melindungi penumpang.