Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

Karena Ozil, China Tak Tayangkan Laga Arsenal vs Manchester City

10

Medan – Pemerintah China tak akan menayangkan laga Premier League antara Arsenal vs Manchester City karena komentar pedas yang dilayangkan Mesut Ozil.

Duel big match tersaji pada pekan ke-17 Premier League, Minggu (15/12/2019). Arsenal akan menjamu Manchester City di Emirates Stadium.

Duel ini tentu akan sangat dinanti-nantikan penggemar bola di manapun. Namun sayangnya, warga China dipastikan tak akan bisa melihat duel antara Freddie Ljungberg vs Josep Guardiola itu.

Kabar ini dilansir oleh kratosplay.. Mengutip dari The Global Times, surat kabar berbahasa Inggris di China, pemerintah China tak menayangkan laga itu karena komentar Ozil dianggap membuat kecewa fans maupun otoritas sepak bola setempat.

Mesut Ozil sendiri sebelumnya berkomentar terkait perlakukan China terhadap Suku Uighur. Mereka yang beragama Islam dikabarkan ditindas dan ditahan di kamp-kamp khusus.

Seperti yang dikutip dari BBC, sekitar satu juta warga Uighur ditahan di wilayah Xinjiang Barat. Katanya, mereka hanya sedang menjalani program ‘pendidikan ulang’.

Kritikan Mesut Ozil

Mesut Ozil sebelumnya mengkritik kebijakan pemerintah China tersebut secara terbuka di Twitter maupun di Instagram. Gelandang asal Jerman ini menyebut orang Uighur sebagai “pejuang yang menentang penganiayaan” dan mengkritik tindakan Beijing tersebut. Ia juga turut mengkritik negara dengan mayoritas penduduk pemeluk agama Islam yang diam melihat kejadian di sana.

“Qur’an dibakar… Masjid-masjid ditutup… sekolah muslim.. madrasah-madrasah dilarang… Sarjana religius dibunuh satu per satu… saudara-saudara dikirim ke kamp,” buka Ozil di Twitter.

“Meski semua ini terjadi, Orang-orang Muslim diam. Suaranya tidak terdengar,” sambungnya.

“Yang akan teringat beberapa tahun berikutnya bukanlah penyiksaan oleh tirani, tetapi diamnya saudara-saudara Muslim mereka,” tutupnya.

Komentar Arsenal

Pihak Arsenal sendiri kemudian memberikan pernyataan resmi atas komentar Mesut Ozil tersebut. The Gunners mengisyaratkan mereka menjauhkan diri dari masalah seperti itu dengan menyebut komentar Ozil itu adalah pandangan pribadi sang playmaker dan bukan mewakili pihak klub.

“Menyusul pesan media sosial dari Mesut Ozil pada hari ini, Arsenal Football Club harus memperjelas bahwa ini adalah pandangan personal Mesut,” demikian bunyi pernyataan klub, yang juga dirilis di laman Weibo.

“Arsenal selalu apolitis sebagai sebuah organisasi,” sambung the Gunners. Sementara itu pihak Premier League sendiri menolak untuk memberikan pernyataan.

Laga Arsenal vs Manchester City akan digelar pada pukul 4.30 waktu setempat di Inggris. Artinya di China, laga itu akan berlangsung pada Senin pagi. Sebagai gantinya, stasiun CCTV 5 yang mestinya menayangkan laga itu akan menayangkan siaran ulang laga antara Tottenham dan Wolverhampton.