Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

Duel Liverpool vs Tottenham Menandai 4 Tahun Era Jurgen Klopp

18

ICNBET – Duel Liverpool vs Tottenham Hotspur, Minggu (27/10/2019) akhir pekan nanti bakal jadi pertandingan menarik untuk Jurgen Klopp. Laga itu bakal menyulut nostalgia empat tahun lalu.

Ketika pertama kali menangani Liverpool pada Oktober 2015 lalu, lawan pertama Klopp adalah Tottenham di White Hart Lane. Kini, empat tahun berselang, Liverpool bakal menjamu Spurs di Anfield.

Kedua tim ini terakhir bertemu pada final Liga Champions tahun lalu, ketika The Reds meraih gelar Eropa keenam mereka. Kini situasi kedua tim jauh berbeda.

Liverpool tetap tak terkalahkan setelah 9 pertandingan Premier League sejauh ini, sementara Tottenham tertinggal 13 poin dari The Reds. Sebab itu, duel akhir pekan nanti bakal menarik.

Perubahan Drastis

Empat tahun berlalu, skuad Liverpool benar-benar berubah. Jika dibandingkan dengan pertandingan pertama Klopp empat tahun lalu, kondisi kedua tim sudah cukup menjelaskan perkembangan The Reds.

Menurut Sky Sports, dari nama-nama pemain yang membentuk skuad Liverpool empat tahun lalu, hanya ada Nathaniel Clyne, James Milner, Adam Lallana, dan Divock Origi yang masih bertahan.

Sementara pada skuad Spurs, masih ada banyak pemain seprerti Huge Lloris, Danny Rose, Tony Alderweireld, Jan Vertonghen, Erik Lamela, Dele Alli, Christian Eriksen, Michel Vorm, Ben Davies, dan Harry Winks.

Perbedaan ini menegaskan bahwa Klopp benar-benar telah merombak skuad Liverpool.

Berubah dan Berkembang

Bek Liverpool, Dejan Lovren menanggapi perkembangan tersebut. Dia yakin Liverpool yang sekarang sudah berkembang pesat, laju mereka sejauh ini sudah cukup jadi bukti.

“Itu bisa berubah dengan cepat. Tiga atau empat tahun yang lalu kami tidak bisa memulai musim dengan baik,” kata Lovren kepada Sky Sports.

“Dengan perkembangan ini, dengan keyakinan kami, dengan kerja keras tim, Anda bisa mencapai segalanya. Itulah yang dikatakan Klopp pada kami.”

Sudah Belajar

Lebih lanjut, Lovren merasa Liverpool yang sekarang memang sudah mempelajari banyak hal dari kesalahan dan kegagalan mereka. The Reds benar-benar bergerak maju, tidak hanya berjalan di tempat.

“Saya kira kami terus belajar dari semua kesalahan kami beberapa tahun terakhir. Saya yakin kami sudah berada di jalur yang tepat,” lanjut Lovren.

“Klop berkata pada kami bahwa kekalahan dari Real Madrid di final Liga Champions adalah pencapaian luar biasa, lalu tahun berikutnya kami bisa jadi juara. Itu sudah cukup menjelaskan kualitas tim kami.”

Tetap di Puncak

Tentang musim ini, Lovren tahu Liverpool harus bisa menjaga fokus. Mereka berhasil merebut puncak klasemen sementara dan harus berusaha menjaganya.

“Bagian paling sulit ketika Anda berada di puncak klasemen adalah tetap berada di puncak,” sambung bek Kroasia ini.

“Ketika terkadang Anda merosot, yang terpenting adalah membuktikan kekuatan dalam diri Anda. Ini tentang karakter tim untuk bangkit,” tandasnya.