Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

Arteta Sudah Siap Latih Arsenal? Ini Jawaban Guardiola

28

Surabaya – Bos Manchester City, Pep Guardiola buka suara perihal kesempatan Mikel Arteta menjadi pelatih permanen Arsenal. Dia tahu Arteta yang sekarang sudah siap menangani tim senior sepenuhnya.

Nama Arteta mulai mengudara usai keberanian Arsenal memecat Unai Emery beberapa pekan lalu. Saat ini masih ada Freddie Ljungberg sebagai pelatih interim, tapi kabarnya pihak klub masih mencari nama-nama yang layak jadi pelatih permanen.

Ada beberapa kandidat top yang dipertimbangkan. Mulai dari Massimiliano Allegri, Patrick Vieira, Carlo Ancelotti, hingga Arteta. Kasus Arteta hampir mirip Vieira, sama-sama mantan pemain.

Isu Arsenal-Arteta ini masih bertahan sampai saat ini, meski sebenarnya sekarang Arteta menjabat sebagai asisten Guardiola di Man City.

Sudah Siap atau Belum?

Guardiola tentu mengenal Arteta dengan baik, bagaimanapun dialah yang membantu mengembangkan kemampuan Arteta sebagai pelatih. Sebab itu, saat ini Pep tahu betul bahwa Arteta sudah siap jadi pelatih tim inti, entah Arsenal atau tim lain.

“Anda bisa jadi sudah berusia 45 tahun dan masih merasa tidak siap, atau masih 35 tahun tapi yakin sudah siap,” buka Guardiola dikutip dari Football London. “Hanya dia [Arteta] yang tahu.”

“Dia bisa melakukannya, tapi ini tergantung pada dia, pada klub – ada banyak hal yang tidak bisa saya putuskan sendiri. Dia sudah siap [jadi pelatih]. Sudah benar jika dia mendapatkan tawaran dan menerimanya.”

“Jika Anda bertanya apakah dia sudah siap perihal pengetahuan soal permainan ini, sebagai pribadi, sebagai profesional, ya dia sudah siap,” sambungnya.

Man City Bagaimana?

Kehilangan Arteta mungkin bakal menyulitkan Man City, apalagi di pertengahan musim. Biar begitu, Guardiola tidak mau jadi pelatih yang memaksakan kehendak. Dia menyerahkan keputusan sepenuhnya ke tangan Arteta.

“Saya bukanlah orang yang memaksa staf atau pemain saya dan memerintahkan apa yang harus mereka lakukan. Kami manusia, semua orang punya mimpi dan hasrat,” sambung Pep.

“Semoga dia bisa bertahan musim ini dan musim berikutnya, selama mungkin untuk klub ini. Itulah harapan saya, tapi Mikel punya kehidupan sendiri dan saya tidak akan pernah berkata apa yang harus dia lakukan,” tutupnya.