Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

Pebalap Perempuan Pertama di Sejarah Negara Arab Saudi! Reema Juffali

17

Epigbigwin – Sejarah baru terukir di Arah Saudi. Reema Al-Juffali kini menjadi pebalap perempuan pertama di negara Itu. Arab Saudi sudah cabut larangan mengemudi bagi kaum hawa, Reema adalah perempuan berusia 27 tahun yang tampil dalam ajang balap mobil listrik di Diriyah. Dirinya menjadi pebalap perempuan pertama setelah setahun dicabutnya larangan mengemudi bagi perempuan di Arab Saudi.

1. Momen Debut Juffali di Ajang Balap Arab Saudi

Reema Juffali, Pebalap Perempuan Pertama di Sejarah Negara Arab Saudi!

Momen ini mulai berlaku setahun setelah pemerintah Arab mencabut larangan bagi perempuan untuk duduk di balik kemudi.KRATOSPLAY

Dilansir melalui media lokal Saudi Gazette, Juffali akan menekuni dunia motorsport di dalam negeri mulai dari ajang balap listrik ini. Momen ini akan menjadi debut Juffali di tanah kelahirannya.

“Seri ini menyoroti inovasi dan kemajuan motorsport, memberikan lebih banyak kesempatan bagi pria dan perempuan untuk bersaing bersama dalam balap listrik yang keren,” kata dia kepada Saudi Gazette.

2. Larangan Mengemudi Untuk Perempuan dicabut Oleh Pangeran Saudi

Reema Juffali, Pebalap Perempuan Pertama di Sejarah Negara Arab Saudi!

Larangan mengemudi bagi kaum hawa berhasil dilepas oleh Putra Mahkota Kerajaan Saudi Pangeran Mohammed bin Salman pada Juni 2018. Dahulu, perempuan akan mendapat hukuman jika menyetir kendaraan di jalan.

Ia mencabut larangan tersebut dan mengembalikan mimpi-mimpi perempuan arab untuk sekadar mengendarai kendaraan di jalan umum atau bahkan menjadi pembalap layaknya Juffari.

Pangeran Arab mencanangkan program reformasi Visi 2030. Kebijakan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan ekonomi negara Arab yang tidak terlalu bergantung pada minyak belaka.

3. Berlaga di ajang mobil listrik sebagai tahap awal karier balap Reema

Reema Juffali, Pebalap Perempuan Pertama di Sejarah Negara Arab Saudi!

Juffali berlaga pada Jumat (22/11) dan Sabtu ini (23/11)  di ajang Jaguar I-PACE eTROPHY, yakni balap mobil listrik yang diadakan di Diriyah, dekat ibu kota Riyadh. Dia akan bersaing dengan pebalap profesional luar Saudi.

“Saya berlomba di Saudi,” tulis Juffali dalam akun Instagram-nya @Reemajuffali.

Juffali berasal dari Jeddah dan sudah lama bersekolah di Amerika Serikat. Juffali sudah pernah berpartisipasi di ajang balap internasional. Pada April lalu, dia ia turut berlaga dalam ajang F4 di Brands Hatch, Inggris.

4. Lisensi balap jadi syarat wajib untuk ikut balap profesional di Saudi

Reema Juffali, Pebalap Perempuan Pertama di Sejarah Negara Arab Saudi!

Dirinya berada di dunia motorsport sejak Oktober 2018, tepat satu bulan setelah larangan mengemudi di Saudi dicabut. Juffali lulus tes mengemudi beberapa tahun lalu dan menjadi salah satu pelopor perempuan Saudi yang memiliki lisensi balap, persyaratan wajib untuk ikut balap profesional di Saudi ICNPOKER.