Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

- Advertisement -

- Advertisement -

SEA Games 2019 Resmi di Buka Oleh Presiden Rodrigo Duterte

1

Manila- SEA Games 2019 formal diawali. Acara berolahraga bangsa- bangsa se- Asia Tenggara itu dibuka oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, malam ini.

Upacara pembukaan SEA Permainan 2019 dilangsungkan di dalam gedung serbaguna berkapasitas 55 ribu pemirsa Philippine Arena, Bulacan, Sabtu( 30/ 11/ 2019). Buat kali awal, opening ceremony SEA Permainan dilangsungkan di gedung tertutup togel online.

” Aku melaporkan dibuka SEA Permainan 2019 buat memperingati berolahraga Asia Tenggara, Mabuhay Kayong Lahat!” ucap Duterte dikala mengantarkan ciri SEA Permainan diawali.

Seremoni pembukaan itu diawali jam 19. 00 Wib dengan diisyarati kehadiran Duterte. Menggunakan kemeja putih, kehadirannya langsung disambut masyarakat yang muncul di arena.

Salepas itu, kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Filipina, Lupang Hinirang, yang dibawakan penyanyi terkenal, Lani Misalucha. Setelah itu, diiringi dengan penampilan tarian tradisional penduduk Maranou di bagian selatan Filipina, ialah singkil dance. Dan, beberapa hiburan yang lain.

Perayaan dilanjutkan dengan defile atlet. Tiap- tiap kontingen mengitari panggung besar dengan diiringi tarian. Diawali dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Singapore, Thailand, Timor Leste, Vietnam, sampai yang sangat terakhir kontingen tuan rumah, Filipina.

Mereka berjalan dengan didampingi 2 orang pembawa Arc, ialah ciri semacam pigura. Arc sendiri umumnya digunakan buat ialah perayaan yang dicoba tiap Mei buat memeringati Ibu Maria, Santacruzan.

Kemeriahan SEA Permainan terus menjadi terasa sehabis kontingen Filipina muncul di panggung. Mereka memakai kemeja putih dengan kerah bergambar bendera Filipina. Mereka diiringi lagu Manila, Manila. Sontak para pemirsa yang melihat turut bernyanyi serta joget.

Tercantum Presiden Filipina yang turut berdiri serta berjoget. Duterte duduk berdampingan dengan Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, yang pula turut menikmati kegiatan.

Abraham N. Tolentino, NOC Filipina, mengantarkan terimakasih atas kedatangan segala kontingen dari negeri partisipan. Ia pula membagikan apresiasinya kepada para stakeholder yang menolong hingga kegiatan SEA Permainan dapat berlangsung. Multievent berolahraga bangsa- bangsa Asia Tenggara itu pernah dikabarkan tidak jadi diselenggarakan sebab keadaan ekonomi.

” Malam ini segala delegasi dari negeri partisipan sudah tiba buat berpartisipasi. Selamat malam di Filipina. Aku mau berterima kasih buat segala pihak yang telah bekerja keras hingga ajang SEA Permainan ini dapat terlaksana. Kepada segala volunter, segala panitia, atlet. Kalian membuat negaramu bangga. Lebih dari itu, semangat senantiasa dikedepankan,” kata Abraham dalam sambutannya.

” Sehabis 14 tahun kami jadi tuan rumah lagi buat ajang SEA Permainan 2019. Kami berterima kasih kepada Presiden Duterte yang sudah menunjang serta menjadikan kita bagaikan tuan rumah terbanyak serta terbaik dalam sejarah penyelenggaraan SEA Permainan,” ucap ia.

” Berolahraga membuat kita bersama berdiri. Kita dapat menemukan pengalaman, jadi bukan cuma berolahraga tetapi lebih dari itu. We Win as One. Welcome to the Filipina, Mabuhai,” ia meningkatkan.

Sedangkan itu, api kaldron dinyalakan di posisi berbeda, di Clark Stadium. Manny Pacquiao serta Nesthy Pelecio yang bertugas menyalakan kaldron. Di stadion itu pula diselenggarakan acara kembang api.