Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

- Advertisement -

- Advertisement -

Makna Syukur Sesungguhnya,Bukan Membandingkan yaa

4

ICNGroup – Menurutmu apa arti Bersyukur sesungguhnya? Seringkali kita melihat berbagai program TVyang mengangkat kisah kehidupan masyarakat yang kurang beruntung. Mereka hidup dalam kekurangan, bahkan hanya untuk memperoleh sesuap nasi pun mereka harus rela banting tulang.

Terkadang si pembawa acara akan memberikan pesan yang kurang lebih sama, “dengan melihat kehidupan mereka, seharusnya kita bersyukur kita jauh lebih beruntung dari mereka”.

Lantas apakah ketidakberuntungan mereka patut kamu jadikan alasan untuk bersyukur? Apakah kamu pikir Tuhan memberikan ketidakberuntungan kepada mereka untuk membuatmu merasa beruntung? Yuk, mulai sekarang ubah pola pikirmu tentang syukur dengan 5 hal berikut.

 

1. Mereka Yang Tak Seberuntung Kamu, Bukan Diciptakan Untuk Membuatmu Bersyukur
Bukan Membandingkan, Inilah 5 Makna Syukur Sesungguhnya

Dalam hidup, banyak orang yang tidak seberuntung kita. Di luar sana bahkan ada beberapa orang yang hanya makan sehari sekali, tidur di jalanan, hidup sebatang kara, dan sebagainya.

Seringkali kita terjebak dalam konsep ‘Syukurlah aku sudah punya ini, setidaknya aku lebih beruntung dari mereka’. Dari sinilah tanyakan kepada diri kalian, bagaimana jika kau menjadi orang paling miskin sedunia?

Lantas bagaimana cara kamu mencari alasan untuk bersyukur? Berhentilah menggunakan ketidakberuntungan orang lain sebagai perbandingan akan apa yang kamu miliki saat ini. Pernahkah kamu berpikir bagaimana perasaanmu jika dijadikan pembanding seperti itu oleh orang lain?

 

2. Syukur Itu Menerima Milikmu, Bukan Membandingkan Dengan Milik Orang Lain

Bukan Membandingkan, Inilah 5 Makna Syukur Sesungguhnya

Setelah kamu berhasil melewati poin pertama, kini Berfokuslah pada dirimu. Lihat apa yang kamu miliki saat ini. Lihat dirimu sekarang ini. Coba ingat kembali apa yang kamu capai hari ini. Ingatlah hal-hal yang selama ini kamu anggap mustahil, namun berhasil kamu lewati. Amatilah perkembangan-perkembangan yang terjadi pada dirimu. Apakah kamu sudah lebih baik dari hari kemarin?

Kamu juga bisa melakukan hal-hal sederhana seperti membuat daftar barang-barang kesukaanmu di rumahmu. Manfaatkanlah barang-barang kecil di sekitarmu yang berpotensi membawa kebahagiaan seperti TV untuk menonton acara komedi,  Smartphone untuk berselancar di dunia maya, dll.

Buatlah dirimu bahagia dengan hal-hal ‘sepele’. Syukurilah hidupmu dengan mengapresiasi sesuatu yang kecil yang kamu miliki hari ini.

 

3. Setelah Mampu Menerima Milikmu, Mari Mulai Berbagi
Bukan Membandingkan, Inilah 5 Makna Syukur Sesungguhnya

Kamu yang telah mampu mensyukuri apa pun yang kamu miliki, kini saatnya kamu melanjutkan ke tahap berikutnya. Cobalah menyisihkan sedikit untuk kamu berikan kepada orang-orang yang kurang beruntung. Peganglah prinsip ini, “mereka yang tidak beruntung bukan alasanku untuk Mensyukuri Keberuntunganku, tapi alasanku berbagi keberuntungan kepada mereka yang kurang beruntung”.

Dengan memegang prinsip ini, kamu yang bersyukur serta merasa cukup beruntung, tak akan lupa berbagi sebagai wujud terima kasihmu kepada semesta yang telah memberikan keberuntungan padamu. Kamu diberi sedikit lebih banyak oleh Tuhan sehingga kamu bisa membagikan milikmu kepada mereka yang lebih membutuhkan darimu.

 

4. Syukur Bukan Hanya Merasa Cukup, Tapi Jadikan Pacuan Untuk Mencari Sesuatu Yang Lebih Dari Hari Ini
Bukan Membandingkan, Inilah 5 Makna Syukur Sesungguhnya

Mensyukuri apa yang kamu miliki saat ini tentu akan membuatmu merasa cukup. Kamu sudah menggenggam apa yang kamu butuhkan untuk saat ini. Walaupun kamu merasa cukup, itu tak lantas membuatmu berhenti.

Kamu harus memiliki target pencapaian. Buatlah daftar apa yang ingin kamu capai ke depannya. Bekerja keraslah untuk meraih hal-hal baru yang kelak akan kamu capai serta kamu Syukuri di Masa Depan.

Tapi, ingatlah satu hal. Jika kamu belum bisa mencapai apa yang ingin kamu raih, tetaplah bersyukur. Proses meraih sesuatu itulah yang menjadikan dirimu berkembang. Syukurilah kehebatanmu dalam berusaha mencapai apa yang kamu inginkan.

 

5. Terakhir, Syukur Tidak Melulu Soal Materi
Bukan Membandingkan, Inilah 5 Makna Syukur Sesungguhnya

Inilah poin yang paling penting dari seluruh poin yang telah disebutkan di atas. Coba bukalah matamu, lihatlah sekelilingmu. Sebutkan sesuatu yang tidak dapat kamu hargai dengan materi, sepeti kedua orangtuamu, teman-temanmu, atau lingkungan kerjamu yang menyenangkan.

Lihatlah benda-benda yang tak bisa kamu beli namun bisa kau miliki, misalkan udara bebas yang bisa kau hirup, angin sejuk yang berembus, dan masih banyak lagi. Berterima kasihlah kepada semesta untuk hal itu. Buatlah dirimu merasa bahagia akan segala hal yang kau terima hari ini.

Sesungguhnya jika kita membuka mata dan telinga, banyak hal yang patut kita syukuri. Mungkin terlihat tidak begitu besar, tapi itulah makna syukur yang sesungguhnya, berterima kasih akan segala kasih Tuhan serta semesta yang memberikan semua yang kita miliki.