Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

Turunkan Populasi Nyamuk, Warga Diajak Pelihara Ikan di Bak Mandi

15

ICNPOKER – Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga Siti Zuraidah meminta warga melakukan ikanisasi dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di rumah dan lingkungan sekitar. Ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan populasi nyamuk pada musim pancaroba ini.

“Pada musim kemarau yang berlangsung cukup lama dimungkinkan populasi nyamuk mengalamai peningkatan. Karena itu kami meminta masyarakat melakukan PSN,” katanya, Kamis (31/10/2019).

Menurut Zuraidah, suhu panas yang cukup tinggi dengan sesekali turun hujan sangat rawan terhadap populasi nyamuk. Pada suhu panas yang sangat tinggi mempercepat telur nyamuk menetas.

“Keringat yang keluar ketika udara panas juga sangat disukai nyamuk untuk menggigit manusia ketika beraktivitas,” ujarnya.

Selain melakukan PSN, kata Siti, alangkah baiknya apabila masyarakat juga memelihara ikan seperti cetul, nila, cupang, sepat, kepala timah seukuran jari di bak mandi dan tempat penampungan air. “Ini untuk memutus perkembangbiakan nyamuk di dalam rumah,” ucapnya.

Sedangkan untuk memberantas nyamuk di lingkungan sekolah, DKK akan memaksimalkan fungsi anak sekolah melalui gerakan kancil batik pemburu jentik. “Kami juga kerja sama dengan B2P2VRP untuk melakukan kegiatan larvasidasi atau penaburan insektisida bubuk ke daerah kelurahan endemis. Kami berharap, upaya ini bisa mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh nyamuk,” katanya.