Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

- Advertisement -

- Advertisement -

Semalam Kurang Tidur? 10 Risiko Ini Harus Diwaspadai

4

ICNGroup – Begadang dan Kurang Tidur nampaknya menjadi ‘makanan’ sehari-hari para pekerja di era modern. Namun ternyata kebiasaan ini pelan-pelan bisa merusak tubuhmu.

Rata-trata orang dewasa membutuhkan 6-8 jam sehari untuk tidur tiap malam. Tidur sangat penting bagi tubuh kita untuk beristirahat, bahkan “Semakin pendek tidurmu, semakin pendek usiamu,” kata Matthew Walker, seorang ilmuwan saraf yang mengelola laboratorium sleep and neuroimaging di UC Berkeley, dikutip dari Your Tango.

Jika semalam kamu begadang atau kurang tidur, 10 hal berikut bisa menjadi alasanmu untuk menghindarinya sebisa mungkin:

1. Meningkatkan risiko kanker
Banyak sekali studi dan para ahli yang mengungkap bahwa jadwal tidur yang terganggu bisa meningkatkan risiko tubuh kita terkena beberapa jenis kanker tertentu, yang paling tinggi adalah kanker usus dan payudara.

2. Kulit cepat menua
Studi-studi mengungkapkan bahwa kulit yang rusak akibat sinar matahari tidak ‘sembuh’ dengan benar bagi mereka yang tidurnya tidak teratur, sehingga membuat kulit mereka cepat keriput dan menua.

3. Risiko perubahan mood atau depresi
Kurang tidur juga memberikan dampak buruk bagi kemampuan mental dan kondisi emosionalmu. Kamu akan merasa tidak sabaran dan rentan berubah-ubah moodnya. Selain itu juga bisa membuatmu terkena depresi dan serangan kecemasan.

4. Kegemukan
Mereka yang kurang tidur akan sering kelaparan dan ingin memakan makanan yang tak sehat, sulit mengendalikan keinginan mengonsumsi makanan berkarlori tinggi, serta sulit menontrol keinginan impulsif mereka. Para peneliti menduga adanya ketidak seimbangan hormon yang muncul dari kurang tidur yang bertanggung jawab soal hal ini.

5. Pandangan terganggu
Semakin lama kamu terbangun, semakin banyak kerusakan pandangan yang akan kamu alami. Dan bisa jadi kamu mengalami halusinasi. Kurang beristirahat bisa menyebabkan pandangan berbayang, ganda, dan sakit saat terkena cahaya terang.

6. Sistem imun melemah
Kurang tidur terus-menerus, atau bahkan sekali saja kita kurang tidur bisa mengganggu kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit, alias melemahkan sistem imun tubuh.

7. Risiko penyakit jantung dan stroke meningkat
Tak mengistirahatkan tubuhmu juga berdampak pada kemampuan tubuh untuk sembuh dan memperbaiki pembuluh darah dan jantung. Cukup tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan keduanya, termasuk kadar gula darah, tekanan darah, dan inflamasi. Sehingga kurang tidur bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

8. Kehidupan seks berantakan
Kurang tidur dan tidur yang terganggu, bisa mempengaruhi kehidupan seksmu. Keduanya bisa menurunkan libido atau gairah seks dan meningkatkan disfungsi seksual.

9. Kemampuan motorik berkurang
Kurang tidur juga bisa berdampak pada kemampuanmu mengobrol, mirip seperti efek mabuk. Menjadi lebih ceroboh, kurang produktif dan sulit berkonsentrasi, dan bahkan kamu bisa mudah lupa.

10. Risiko kecelakaan lebih tinggi
Menyetir dalam mengantuk sangat berbahaya karena bisa menyebabkan tingginya risiko kecelakaan. Banyak kecelakaan yang terjadi akibat supirnya mengantuk. Pastikan kamu tidur yang cukup dan tidak berlebihan dalam bekerja, sayangilah tubuhmu!