Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

Muncul Plak Kuning di Sekitar Mata Waspada Ini Tanda Lain Kolesterol Tinggi.

7

ICNGroup – Sebuah unggahan Facebook menyatakan sakit kepala, rasa berat, dan pegal di leher belakang adalah tanda kolesterol tinggi. Kolesterol menumpuk di aliran dan pembuluh darah hingga muncul kondisi tersebut.

Pada kenyataannya unggahan itu tidak sepenuhnya benar, karena tingginya kadar kolesterol dalam tubuh memiliki gejala bervariasi. Mulai dari tidak ada gejala hingga muncul kondisi lain. Selain stroke dan serangan jantung, kondisi lain yang muncul adalah xanthelasma.

“Xanthelasma ini muncul dekat-dekat area mata. Jika kondisi ini muncul, artinya kadar kolesterol dalam tubuh sudah tinggi,” kata dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik diabetes dr Indra Wijaya MKes, SpPD-KEMD, FINASIM, yang praktik di RS Pantai Indah Kapuk dan Eka Hospital BSD saat dihubungi di Icntogel.

Dikutip dari situs Harvard Health Publishing, xanthelasma adalah plak berisi kolesterol yang berkembang di bawah kulit. Plak berwarna kuning ini lembut dan biasa ditemukan di kelopak mata atau sekitarnya. Plak paling sering ditemukan di dekat hidung.

Xanthelasma tidak bersifat atau menyebar seperti sel kanker. Plak umumnya jinak dan tidak mengganggu penglihatan. Namun munculnya xanthelasma harus menjadi peringatan terkait tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Sebelum muncul xanthelasma atau kondisi lain yang diakibatkan tingginya kadar kolesterol, dr Indra menyarankan check-up teratur. Dokter selanjutnya akan menentukan apakah kadar kolesterol dalam tubuh tergolong aman atau berbahaya, dan juga terapi yang diperlukan.