Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

- Advertisement -

- Advertisement -

Memilih dan Menghindari Makanan untuk Penderita Kanker Payudara

4

JAKARTA – Bulan kesadaran kanker payudara diperingati setiap Oktober, tujuannya agar masyarakat bisa menyadari akan bahayanya penyakit ini dan mencegah penyakit berbahaya tersebut. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan tak sehat.

Umumnya, pengobatan kanker payudara adalah mual, muntah, dan sariawan. Ketika Anda merasa sakit perut dan mulut terasa sakit, mungkin akan mulai malas makan. Namun, makan makanan seimbang sangat penting ketika Anda menderita kanker payudara.

Nutrisi yang tepat membantu tubuh Anda pulih dari perawatan. Makan dengan benar akan membuat Anda tetap pada berat badan yang sehat dan membantu menjaga kekuatan otot.

Jika Anda mengalami kesulitan makan yang cukup, seperti dilansir HealthLine, ada makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari bagi penderita kanker payudara.

1. Buah-buahan dan sayur-sayuran
Buah-buahan dan sayuran berwarna cerah kaya nutrisi disebut fitokimia. Sayuran kucifer seperti brokoli, kembang kol, kangkung, dan kubis brussel mungkin merupakan pilihan yang sangat baik karena memiliki sifat antiestrogen. Buah beri, apel, bawang putih, tomat, dan wortel juga merupakan pilihan yang bermanfaat. cobalah makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

2. Biji-bijian utuh
Roti gandum, oatmeal, quinoa dan biji-bijian utuh lainnya kaya akan serat. Makan extra serat dapat membantu Anda menghindari sembelit yang dapat menyebabkan obat kanker tertentu. Cobalah untuk makan setidaknya 25-30gram serat setiap hari.

3. Kacang-kacangan
kacang-kacangan juga tinggi akan protein dan rendah lemak, sehingga sangat baik untuk Anda konsumsi

4. Protein
Pilih sumber protein yang sehat, yang akan membantu menjaga tubuh Anda kuat. Contohnya seperti, dada ayam dan kalkun tanpa kulit, ikan berlemak seperti tuna dan salmon. Anda juga bisa mendapatkan protein seperti tahu dan kacang-kacangan.

Selain makanan yang harus dikonsumsi, ada jenis makanan tertentu yang harus Anda pertimbangkan untuk dibatasi atau dihindari sepenuhnya, apa saja?

1. Daging dan produk susu tinggi lemak
Makanan ini kaya akan lemak jenuh yang tidak sehat. Batasi daging berlemak (burger, daging organ), susu murni, mentega, dan krim.

2. Alkohol
Bir, anggur, dan minuman keras dapat menghancurkan obat kanker yang Anda gunakan. Minuman beralkohol juga merupakan faktor risiko perkembangan kanker payudara.

3. Makanan manis
Kue, permen, soda, dan makanan manis lainnya menyebabkan kenaikan berat badan. Sehingga hindari makanan ini.

4. Makanan yang kurang matang
Perawatan kanker dapat membuat jumlah sel darah putih Anda turun. Tanpa cukup sel-sel yang melawan kekebalan ini, tubuh Anda dibiarkan lebih rentan terhadap infeksi. Hindari makanan mentah seperti sushi dan tiram selama perawatan kanker payudara. Masak semua daging, ikan, dan unggas pada suhu yang aman sebelum memakannya.