Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

Jangan Diremehkan Kondisi Medis yang Membuat Kamu Selalu Kelelahan

13

ICNGroup – Memiliki aktivitas yang padat dan jadwal tidur yang minim, wajar saja jika kemudian kamu sering mengalami kelelahan. Kelelahan yang terjadi akibat fisik yang terlalu aktif dapat diatasi dengan istirahat yang cukup.

Tapi jika kamu merasakan lelah sepanjang hari kendati kamu sendiri sebenarnya tidak aktif secara fisik, maka kamu wajib waspada sebab kondisi ini bisa jadi indikasi bahwa ada yang tidak beres dengan tubuhmu.

Tidak seperti kelelahan akibat padatnya kegiatan yang dapat diatasi hanya dengan istirahat, kelelahan akibat kesehatan yang bermasalah tentunya perlu diatasi dengan bantuan medis. Untuk itu, kamu perlu waspada apabila mengalami kelelahan sepanjang hari, apalagi jika sebenarnya kegiatanmu tidak begitu padat.

Melansir dari Kratosplay, berikut ini beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan kamu merasa kelelahan setiap saat.

 

1. Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen dan sari makanan ke seluruh jaringan tubuh sehingga membuat tubuh mudah merasa lelah dan lemah. Menurut Kratosplay, beberapa gejala yang dapat ditimbulkan akibat anemia di antaranya kulit pucat atau kekuningan, napas pendek, serta tangan dan kaki terasa dingin.

Umumnya anemia dapat diatasi dengan konsumsi suplemen penambah darah dan makanan tinggi zat besi. Tapi jika diperlukan, kamu juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang sesuai dengan kebutuhanmu.

 

2. Masalah tiroid

Tiroid berperan dalam memengaruhi beberapa fungsi penting tubuh, seperti cepat lambat detak jantung dan seberapa baik gerakan tubuh.

Memiliki tiroid yang kurang aktif atau yang dikenal sebagai hipotiroidisme, dapat menurunkan fungsi tubuh dan membuat kamu mudah merasa lelah. Di sisi lain ada pula hipertiroidisme yaitu kondisi ketika tiroid terlalu aktif yang berpotensi menyebabkan insomnia dan kegelisahan batin yang membuat kamu sulit untuk rileks.

 

3. Kecemasan

Memang, setiap orang dapat mengalami kecemasan pada saat-saat tertentu, tetapi ada juga kecemasan yang sifatnya klinis. Dan menurut Kratosplay, kecemasan klinis dapat membuat tubuh selalu kelelahan dan mengalami gangguan tidur.

 

4. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah suatu kondisi di mana tenggorokan menyempit atau menutup selama tidur dan berakibat pada terganggunya pernapasan. Kondisi ini menghasilkan dengkuran keras dan penurunan kadar oksigen dalam darah. Kesulitan bernapas ini dapat membuat seseorang sering terbangun di malam hari dan merasa kelelahan di hari berikutnya.

Sleep apnea ini umumnya dialami oleh pria paruh baya yang kelebihan berat badan atau memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

 

5. Depresi

Kebanyakan orang yang mengalami depresi akan sering diliputi perasaan tidak berdaya dan putus asa yang mana kondisi itu dapat menguras energi. Depresi juga sering dikaitkan dengan perubahan pola tidur, baik terlalu sering tidur maupun insomnia. Insomnia dan masalah kesehatan mental saling berkaitan erat dan dapat memperburuk satu sama lain.

Untuk itu, jika kamu merasa selalu saja kelelahan disertai dengan perasaan sedih, putus asa, bad mood, perubahan selera makan, dan terganggunya pola tidur, jangan ragu lagi untuk menghubungi ahli kesehatan mental untuk mendapatkan solusi.

 

6. Celiac

Menurut Mayo Clinic, selain menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare, kembung, dan muntah akibat mengonsumsi gluten, celiac juga dapat menyebabkan kelelahan. Jadi, jika kamu merasa tidak nyaman seusai mengonsumsi produk gandum, ada baiknya jika kamu menjalani tes untuk mengetahui apakah kamu mengidap celiac.

Merasakan kelelahan sepanjang waktu selain membuat tubuh tidak nyaman, hal ini pastinya juga akan mengganggu aktivitas. Untuk itu, jika kamu merasa fisikmu mudah lelah, jangan ragu untuk mencari bantuan medis agar kamu bisa mendapatkan solusi yang tepat.