Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

Ini Teh Berbahan Daun Salam Hingga Daun Kelor Kaya Khasiat

10

ICNGroup – Teh yang terbuat dari daun ini tak kalah enak dengan racikan teh lainnya. Jenisnya beragam seperti teh daun salam hingga Teh Daun Kelor.

Seperti umum diketahui, teh adalah minuman yang mengandung kafein. Teh biasanya terbuat dari daun, pucuk daun, atau pun tangkai dari daun teh dari tanaman Camelia Sinensis.

Namun ada pula racikan teh yang tak kalah enak yaitu terbuat dari daun-daunan herbal. Bukan dari tanaman teh Camelia Sinenesis. Diantaranya daun salam, daun jati cina, daun sirsak, daun pegagan, dan daun kelor.

Dirangkum KRATOSPLAY, berikut adalah 5 jenis teh yang terbuat dari daun.

1. Daun Salam

Foto: iStock

Daun salam merupakan dedaunan bumbu dapur untuk penambah aroma pada suatu hidangan. Selain sebagai penyedap masakan, daun salam juga digunakan untuk obat herbal. Daun salam ini memiliki rasa yang pahit dan aromanya sangat tajam.

Penggunaannya sebagai obat herbal dapat mengobati berbagai macam penyakit, karena didalamnya mengandung senyawa alami seperti eugenol dan myrcene yang terbukti secara efektif mengurangi rasa sakit. Selain itu minyak atsiri pada daun salam sangat efektif untuk mengendalikan rasa sakit.

Untuk membuat teh daun salam ini hanya membutuhkan beberapa lembar daun salam lalu direbus bersama air hingga mendidih. Air dari rebusan daun salam tersebut lalu dapat diminum dan bermanfaat untuk mengobati diabetes, obat anti radang, melawan kanker, melawan infeksi jamur, serta obat antiseptik.

2. Daun Jati Cina

Foto: Istimewa

Daun jati Cina ini juga bisa dibuat sebagai minuman teh yang memiliki berbagai macam manfaat. Daun ini berbentuk kecil tidak seperti daun jati pada umumnya yang berdaun lebar dan berukuran besar.

Daun jati Cina ini bisa dimanfaatkan utnuk melangsingkan tubuh, membersihkan darah kotor, mengurangi kolesterol, sebagai detoks tubuh, mengecilkan merut, dan dapat melancarkan pencernaan Anda. Namun Anda harus rutin dalam mengonsumsi minuman hangat satu ini.

Anda bisa menemukan daun jati Cina ini di beberapa toko herbal. Cara membuatnya pun mudah, Anda cukup menaruh beberapa lembar daun teh jati Cina di dalam cangkir dan tuangkan air panas. Teh daun jati Cina pun siap untuk dikonsumsi.

3. Daun Sirsak

Foto: iStock

Daun sirsak ternyata juga bisa digunakan sebagai teh herbal yang dapat berfungsi menyehatkan tubuh Anda. Tak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, daunnya pun saat ini bisa dimanfaatkan.

Racikan teh daun sirsak ini bermanfaat untuk pengobatan beragam penyakit diantaranya darah tinggi, pencegahan kanker, anti bakteri, mengatasi tumor dan mengurangi kolesterol. Cara pengolahannya pun mudah hanya dengan merebus beberapa lembar daun sirsak bersama air sampai mendidih.

Setelah itu rebusan air tersebut bisa dikonsumsi sebagai minuman hangat yang menyehatkan. Selain dalam bentuk rebusan teh tersebut, sekarang daun sirsak juga dikeringkan dan dijadikan ekstrak.

4. Daun Pegagan

Foto: iStock

Daun pegagan selama ini dikenal sebagai tumbuhan liar yang tidak diketahui kalau daun satu ini bisa memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Daun yang memiliki nama latin Centella Asiatica ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Daun pegagan ini mengandung zat bioktif yang berpern sebagai zat anti-oksidan, anti-virus, anti-bakteri, dan lainnya. Zat ini nyatanya dapat mengobati beragam penyakit diantaranya memperlancar aliran darah, mengobati luka, menghilangkan stretch marks, hingga mencegah penuaan dini.

Daun pegagan ini bisa dikonsumsi sebagai teh yang menyehatkan. Cara membuatnya yaitu Anda siapkan daun pegagan kecil, lalu rebus bersama air hingga mendidih. Setelah matang, air rebusan daun pegagan tersebut tambahkan gula, dan teh daun pegagan pun bisa dinikmati selagi hangat.

5. Daun Kelor

Foto: iStock

Satu lagi daun yang tidak diketahui manfaatnya bagi kesehatan yaitu daun kelor. Jika biasanya daun kelor digunakan sebagai ritual dalam pengusiran hantu, namun saat ini daun kelor juga digunakan untuk ramuan tradisional yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Daun ini dipercaya dapat menstabilkan gula darah serta memiliki antioksidan yang tinggi. Daun kelor pun memiliki banyak kandungan nutrisi diantaranya protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, dan lainnya di ICNTOGEL.

Selain dapat menstabilkan gula darah, daun kelor juga berfungsi untuk membantu meredakan peradangan, menurunkan kolesterol, hingga membantu untuk mengatasi penyakit kanker. Untuk bisa mengonsumsi daun kelor ini bisa dibuat sebagai teh dengan cara menyeduh daun kelor yang sudah dikeringkan.