Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

- Advertisement -

- Advertisement -

Imbauan Bahaya Parasit di Mulut Ikan, Bagaimana Faktanya?

4

ICNGroup – Di Media Sosial beredar pesan yang mengimbau agar Netizen hati-hati saat mengonsumsi ikan, waspada Parasit ‘Serangga’ yang berada pada Mulut Ikan. Disebut bahwa Parasit tersebut berbahaya bagi manusia.

“Kalau beli ikan jumpa serangga ni dalam mulut. Namanya ISOPOD. Pemakan lidah ikan. Pakcik Google kata bahaya pada manusia,” tulis pesan yang disertai foto ikan berparasit.

Faktanya memang benar ada beberapa jenis isopod yang hidup dengan menjadi parasit di ikan. Dikutip dari dokumen Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), salah satu contohnya isopod Cymothoa exigua.

Parasit Cymothoa hidup dengan menempel, menghisap darah ikan dari lidahnya. Parasit bisa tumbuh panjang sampai sekitar 6-8 sentimeter (cm) memenuhi rongga mulut ikan.

“Jenis ini hidup pada beberapa jenis ikan, menempel dalam rongga mulut. Binatang ini berpegang pada dinding (selaput lendir) dengan mengaitkan kuku-kukunya,” kata peneliti Indra Aswandy dalam dokumen tersebut.

Tapi apakah parasit ini berbahaya bagi manusia? Laporan oleh Peneliti Ernest H. Williams dari Department of Marine Sciences, University of Puerto Rico, menyebut bahwa parasit Cymothoa dulu pernah menjadi subjek tuntutan konsumen pada supermarket karena dianggap membuatnya sakit.

Tuntutan tersebut namun gugur karena parasit tidak terbukti beracun bagi manusia.

“Konsumen mengklaim telah keracunan karena makan isopod yang dimasak bersamaan dengan ikan. Isopod diketahui tidak beracun bagi manusia, beberapa bahkan dikonsumsi rutin jadi bahan makanan,” kata Ernest seperti dikutip dari Noticias de Galapagos.