Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

- Advertisement -

- Advertisement -

5 Mitos Soal Menguruskan Badan yang Ternyata Membahayakan Kesehatan

2

ICNGroup– Diet menjadi salah satu tren dalam perubahan gaya hidup sehat masa kini. Meski memang bisa menyehatkan, namun terkadang karena menginginkan hasil yang instan banyak mitos soal diet yang dipercaya oleh banyak orang.

Informasi yang tidak akurat dan bukan berasal dari ahli diet, nutrisionis, pelatih, dan penggiat kesehatan banyak tersebar di mana-mana, terutama media sosial. Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, hindari 5 mitos berikut ini seperti dikutip dari Times of India:

1. Melewatkan makan
Biasanya orang yang ingin berdiet akan melewatkan salah satu waktu makan sebagai usahanya memotong asupan kalori dan menurunkan badan. Namun hal ini salah, karena menurunkan berat badan seharusnya dilakukan dengan memotong asupan kalori saja tanpa perlu melewatkan satu waktu makan. Makanan memberikan tubuhmu nutrisi yang penting yang meningkatkan metabolismemu, dan jika kamu tidak makan maka artinya tubuhmu tak mendapatkan nutrisi, nutrisi yang hilang berarti metabolisme yang melambat. Metabolisme melambat berarti membuatmu tidak efisien untuk membakar kalori, sehingga semakin besar kesempatan kalori tersimpan sebagai lemak.

2. Makan rendah lemak
Tren Mitos Diet berikutnya adalah mengonsumsi makanan yang berlabel rendah atau tanpa lemak. Biasanya makanan atau minuman ini diiklankan dengan mengklaim bisa membantu orang tidak mengonsumsi lemak sama sekali. Sehingga sangat populer di antara mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Yang menjadi masalah adalah makanan tersebut masih mengandung bahan yang tak sehat seperti gula, tepung, garam, dan pengental yang menambah kalori dan justru bisa menambah berat badan.

3. Menghindari gula
Gula menjadi salah satu pelaku utama dalam kegagalan diet dan banyak orang yang yang berdiet benar-benar mengurangi gula. Padahal hal tersebut tak sepenuhnya benar. Gula alami yang berada dalam buah tidak butuk bagi kesehatan dan justru malah bermanfaat, dibanding gula buatan yang berada dalam kue, minuman ringan, dan cokelat. Gula alami dalam buah juga dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang memberikan antioksidan yang mendorong fungsi tubuh, dan serat yang mampu membantu menurunkan berat badan.

4. Menghindari karbohidrat
Selain gula, karbohidrat atau karbo juga banyak dihindari, terutama seperti sereal dan roti. Namun tubuh tetap membutuhkan karbohidrat untuk bisa menurunkan berat badan, caranya dengan mengonsumsi ubi manis, pisang, dan oatmeal. Makanan tersebut menjadi sumber serat yang membantumu tetap kenyang dalam waktu lama sehingga mencegahmu makan terlalu banyak atau ngemil.

5. Diet ‘puasa’
Cara tercepat dan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan berpuasa? Salah. Mendadak mengubah kebiasaan makanmu menjadi dengan sering berpuasa makan atau mengonsumsi sedikit kalori bisa melemahkan sistem imun dan bahkan menyebabkan kelaparan. Apalagi justru kebiasaan ini tidak efektif dalam jangka panjang, dan mudah membuatmu kembali ke berat badan semula.