Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

- Advertisement -

- Advertisement -

5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Anda Berusia 30 Tahun

2

ICNGroup – Makanan ini harus dihindari saat sudah berusia di atas 30 tahun. Mulai dari yogurt aneka rasa hingga popcorn. Semuanya agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Makanan yang kurang menyehatkan memang paling enak untuk dikonsumsi, apalagi jika makanan tersebut mengandung lemak berlebih atau citarasa yang banyak mengandung pemanis buatan dan penyedap rasa. Namun saat usia sudah melewati angka 30 tahun, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan tidak sehat dan lebih waspada dengan apa yang Anda konsumsi. Ini semua supaya tubuh sehat dan bugar.

Mulai dari yogurt beragam rasa, popcorn, bahkan roti tawar harus Anda kurangi konsumsinya. Seperti dirangkum oleh Food Eat Safe (07/11), berikut 5 makanan yang harus Anda hindari jika sudah berusia lebih dari 30 tahun.

 

1. Yogurt Beragam Rasa

Foto: iStock

Yogurt merupakan salah satu makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi tubuh. Yogurt terbuat dari susu sapi yang difermentasi sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa asam (kecut) yang menyegarkan.

Namun, Anda harus mengetahui jika Yogurt yang baik dikonsumsi tubuh adalah yogurt yang plain atau biasa disebut dengan greek yogurt. Karena yogurt dengan aneka rasa akan menambahkan kandungan gula berlebih yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Pada setiap bungkus yogurt aneka rasa setidaknya akan mengandung gula sebanyak 47 gram. Sedangkan yang dianjurkan oleh The American Heart Assosiation, gula yang boleh dikonsumsi itu sebanyak 38 gram untuk pria dan 25 gram untuk wanita setiap harinya.

 

2. Kacang Kedelai

Foto: iStock

Salah satu makanan sehat yang kaya protein ini ternyata juga bisa menyebabkan masalah pada tubuh Anda jika sudah berusia lebih dari 30 tahun. Karena kacang kedelai dimodifikasi secara genetik yang dapat berefek untuk jangka panjang. Efek jangan pendek yang diperoleh dari konsumsi kacang kedelai berlebih adalah dapat menyebabkan munculnya tiroid.

Kacang kedelai selain diproduksi berupa butiran kacang, biasanya juga diambil melalui sarinya atau ampasnya untuk diolah menjadi produk makanan lain. Produk lain yang diolah dari kacang kedelai adalah susu kedelai, tahu, dan tempe.

Masalah kesehatan lainnya dengan kedelai berkaitan dengan Fitoestrogen, yang dapat meniru estrogen dalam tubuh. Karena itu kedelai sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak yang masih tumbuh, bahkan sebaiknya dihindari oleh semua orang. Karena masih banyak protein yang berasal dari sayuran jika Anda ingin mengurangi protein dari produk hewani.

 

3. Roti Tawar

Foto: iStockRoti tawar yang sangat biasa Anda konsumsi dalam keseharian ternyata juga bisa menyebabkan masalah pada kesehatan Anda. Karena gizi yang terkandung sebenarnya tidak ada. Tepung terigu tersebut dapat meningkatkan gula darah Anda dan hampir tidak mengandung vitamin dan mineral dalam gandum.

Roti tawar juga memiliki lebih sedikit serat daripada gandum utuh. Sedangkan tubuh Anda sangat membutuhkan banyak serat seiring bertambahnya usia agar sistem pencernaan pada tubuh dapat berjalan dengan lancar setiap harinya. Namun roti gandum seperti bagels pun juga tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup.

Jadi mulai sekarang coba untuk mengurangi konsumsi roti tawar yang tidak memiliki kandungan nutrisi apapun. Dan lebih baik untuk konsumsi gandum utuh seperti Oat yang lebih menyehatkan.

 

4. Jus Buah

Foto: iStockJus buah sangat menyegarkan apalagi ditambahkan es batu dan diminum saat siang hari yang terik. Namun ternyata jika Anda sudah berusia lebih dari 30 tahun itu dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh Anda.

Konsumsi jus buah daripada buah aslinya menyebabkan kandungan serat berkurang dan tubuh kehilangan asupan serat. Selain kehilangan kandungan serat, jus buah juga dapat menyebabkan kandungan gula melonjak pada tubuh Anda.

Karena biasanya jus buah yang Anda beli di penjual jus biasanya akan ditambahkan gula yang cukup banyak dan juga susu kental manis. Jus buah dalam kemasan juga mengandung gula berlebih bahkan pemanis buatan. Jika ingin konsumsi buah, lebih baik konsumsi buah utuh atau jika bosan bisa Anda olah sebagai salad atau smoothies tanpa pemanis.

 

5. Popcorn Instan Dengan Mentega

Foto: iStock
Popcorn adalah salah satu camilan yang enak, selain renyah popcorn juga memiliki cita rasa yang nikmat. Apalagi jika dikonsumsi dalam berbagai rasa. Seperti ditambahkan banyak mentega, taburan bubuk keju, karamel, atau perisa buah yang akan menambahkan kelezatan pop corn.

Namun ternyata pop corn harus Anda hindari saat usia Anda sudah melebihi 30 tahun, apalagi popcorn instan dengan kandungan mentega yang banyak. Karena, mentega yang menyelimut popcorn Anda itu penuh dengan lemak trans yang dapat berpengaruh negatif pada fungsi otak Anda.

Mengonsumsi terlalu banyak mentega pada popcorn juga dapat menghancurkan sel dan meningkatkan peradangan di otak. Karena produksi asam lemak omega-3 yang mendukung otak dapat terganggu. Salah satu zat yang terkadung pada mentega ini dinamakan diacetyl atau biasa disebut karsinogen. Lalu kertas pada popcorn instan juga dapat menyebabkan kanker saat popcorn Anda dimasak di dalam microwave.