Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

20 Manfaat Nanas, Bikin Tubuh Lebih Ideal dan Kulit Cantik

20

Icnbet.netJakarta  Nanas adalah salah satu jenis buah yang banyak digemari, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Buah berwarna kuning ini banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah.

Kendati murah, nanas sama seperti buah lainnya yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Nanas memiliki rasa yang segar, manis, dan ada pula yang asam. Buah ini mengandung serat tinggi yang baik untuk tubuh, termasuk melancarkan pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Nanas juga banyak diolah menjadi makanan, seperti rujak, salad, selai roti, dan puding. Nanas banyak pula dijadikan sebagai sumber vitamin dalam obat-obatan tertentu.

Di balik kulitnya yang sedikit tajam dan berduri, nanas kaya nutrisi, vitamin, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja optimal. Manfaat nanas bagi kesehatan tubuh tak perlu diragukan lagi.

Pakar kesehatan di San Diego, Amerika Serikat, Laura Flores, menyatakan nanas memiliki senyawa antioksidan tinggi karena kaya vitamin A dan C. Buah ini juga mengandung fosfor, kalium, zat besi, magnesium, mangan, thiamin, serat, natrium, dan gula buah (sukrosa). Terlebih, nanas juga mengandung kalori yang cukup rendah.

Penasaran apa saja manfaat Nanas untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ini Icnbet.net merangkum dari Live Science dan Health Line, Kamis (24/10/2019) manfaat nanas untuk kesehatan.

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan penelitian dari Oregon State University, vitamin C dalam nanas dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti penyakit jantung. Kandungan tersebut dipercaya mampu mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah seperti penebalan atau penyumbatan akibat kolesterol.

Nanas memiliki senyawa potasium yang baik guna menyeimbangkan kandungan air dalam tubuh. Penyeimbangan air ini dapat menurunkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi.

2. Menghindari Obestitas

Nanas merupakan buah yang dapat melunakkan daging dan lemak, sehingga dapat mencegah seseorang dari obesitas. Buah ini mengandung gula alami dan rendah kalori. Ini telah terbukti dan diterapkan beberapa ibu rumah tangga yang hendak memasak daging sapi yang merendamnya terlebih dahulu dengan parutan nanas supaya lebih lembut dan tidak terlalu berlemak.

Nanas menjadi buah favorit untuk mereka yang ingin menjalani program diet atau menurunkan berat badan. Nanas dapat memicu pembakaran lemak dan detoks racun dari tubuh, dan mengeluarkannya melalui urine atau tinja.

Jika ingin menurunkan berat badan, Anda bisa menjadikan nanas sebagai makanan alternatif karena akan membuat perlut lebih kenyang.

3. Menurunkan Risiko Kanker dan Tumor

Peradangan berlebih sering dikaitkan dengan kanker. Menurut pusat penelitian kanker di New York, Memorial Sloan-Kettering Cancer Center, kandungan bromelain dan enzim proteolitik dalam nanas dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor ganas.

Nanas bisa menangkal radikal bebas yang mengandung racun, seperti dari gas, asap rokok, dan polusi. Dengan membasmi partikel-partikeol tersebut, Anda bisa menurunkan risiko kanker dan tumor.

4. Mengontrol Diabetets

Nanas mengandung serat tinggi dan baik bagi penderita diabetes. Bagi pasien penderita diabetes tipe 1, nanas akan membantu menurunkan kadar glukosa darah tinggi.

Sementara pada penderita diabetes tipe 2, buah ini akan menghasilkan peningkatan gula darah, insulin, dan tingkat lipid. Tetapi Anda hanya perlu mengonsumsi satu potong nanas secara rutin, dan jangan terlalu berlebihan. Apalagi satu buah langsung Anda santap sekaligus, bisa mengibatkan diare.

5. Melancarkan Pencernaan

Apakah Anda memiliki masalah buang air besar (BAB) yang tidak rutin? Nanas adalah solusinya. Buah berwarna kuning ini memiliki antioksidan, serat, dan vitamin tinggi.

Nanas akan melunakkan sisa makanan dan lemak, sehingga akan membantu melancarkan pencernaan Anda. Buah ini juga dipercaya mampu mendetoks kotoran atau racun dari dalam tubuh.

15 Manfaat Nanas Bagi Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, nanas juga berkhasiat untuk kecantikan kulit, terutama wajah. Anda bisa mengonsumsi nanas sebagai jus secara rutin supaya menutrisi kulit dari tubuh. Selain itu, Anda juga bisa menghaluskan nanas dan menjadikannya sebagai masker sebagai perawatan alami secara rutin. Berikut adalah manfaat nanas bagi kecantikan:

  1. Mengecilkan pori-pori
  2. Mengobati jerawat
  3. Menghilangkan bekas jerawat dan bopeng
  4. Mencegah timbulnya jerawat
  5. Mengencangkan kulit
  6. Menghilangkan komedo
  7. Mencerahkan kulit menjadi lebih glowing
  8. Menjaga kesehatan bibir tetap merah merona
  9. Menghilangkan flek hitam
  10. Membuat kulit wajah awet muda
  11. Mengobati peradangan kulit wajah ataupun kulit tubuh lainnya
  12. Melembapkan kulit
  13. Menghaluskan kulit
  14. Mengobati alergi pada kulit
  15. Mengatasi kulit berminyak