Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

Mobil-Mobil Unik dan Menakjubkan di Tokyo Motor Show 2019

15

ICNGroup – Pameran automotif Tokyo Motor Show (TMS) 2019 masih berjalan hingga 4 November nanti. Pameran ini tidak melulu menampilkan mobil-mobil baru berteknologi canggih dari berbagai pabrikan automotifternama di Jepang.

Di pameran ini ada juga berbagai mobil yang sama menakjubkannya dan unik malahan. Berikut ini beberapa mobil yang terpantau langsung oleh KORAN SINDO saat menghadiri Tokyo Motor Show 2019.

 

Micro Freedom
Dapur Berjalan Mini

Mobil-Mobil Unik dan Menakjubkan di Tokyo Motor Show 2019

Takayama Cars yang membawa mobil unik bernama Micro Freedom.Mobil itu unik karena bentuknya seperti sebuah dapur. Mobil berbentuk kotak dan berukuran kompak itu sama sekali tidak memiliki kursi penumpang. Hanya ada satu kursi yang diberikan untuk pengemudi.

Bentuknya juga mirip dua buah kotak yang ditandemkan. Kotak pertama berisi kursi pengemudi sedangkan kotak kedua adalah dapur yang lengkap dengan segala peralatannya.

Mobil ini juga aman jika pengemudi memasak di dapur itu. Pasalnya mobil itu murni digerakkan oleh listrik. Takayama Cars di Jepang memang tidak hanya membuat mobil saja. Mereka juga memberikan jasa konversi mobil dengan pembakaran internal menjadi mobil listrik.

Menurut Takayama Cars, mobil ini merupakan mobil contoh buat para warga Jepang yang ingin menggunakan mobil sebagai kegiatan usaha. Mirip dengan food truck namun dengan ukuran yang lebih kompak.

FOMM Sport AWD Concept
Mobil Sport Mini Tanpa Kaca Depan

Mobil-Mobil Unik dan Menakjubkan di Tokyo Motor Show 2019

First One Mile Mobility (FOMM) membawa mobil FOMM Sport AWD Concept di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Mobil ini unik karena ukurannya sangat kompak dengan panjang 3,3 meter, lebar 1,4 meter, dan tinggi 1,25 meter.

Yang menarik mobil ini sama sekali tidak memiliki kaca depan dan atap. Konsep desain mobil ini memang berupa roadster. Namun

roadster ini sama sekali tidak memiliki kaca depan sehingga penumpang dan pengemudi akan terpapar langsung dengan angin.

Selain ukuran dan ketiadaan kaca depan hal menarik lainnya adalah penggunaan pintu gunting. Pintu itu membuat mobil ini terasa istimewa karena mirip dengan mobil sport berukuran besar lainnya seperti McLaren dan Lamborghini.

Sayangnya mobil ini hanya memiliki tenaga maksimal sebesar 27 daya kuda. Kalah jauh dengan kekuatan motor Yamaha R25 yang memiliki tenaga maksimal 35,5 daya kuda. Tapi torsi FOMM Sport AWD Concept sangat melimpah yakni mencapai 1.120 Nm.

Dengan ukuran yang sangat kompak dan torsi melimpah tentu saja mobil ini akan sangat kuat ketika berakselerasi di jalan raya. Hanya saja hingga saat ini FOMM tidak juga memproduksi mobil ini secara massal dan masih dalam bentuk purwarupa.

NCV Project
Mobil Sport dari Serpihan Kayu

Mobil-Mobil Unik dan Menakjubkan di Tokyo Motor Show 2019

Tokyo Motor Show (TMS) 2019 jadi tempat mobil-mobil unik. Selain mobil dengan dapur berjalan dan mobil sport berukuran mini ada juga mobil sport yang dibuat dari serpihan kayu. Nama mobil itu adalah NCV Project yang merupakan singkatan dari Nano Cellulose Vehicle (NCV) Project.

Mobil ini merupakan mobil kolaborasi studi dari 22 perusahaan penyuplai parts automotif dan universitas di Tokyo. Kolaborasi itu diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Jepang dan Universitas Kyoto. Saat itu inisiasi dilakukan untuk mengetahui fungsi lain dari cellulose nanofiber untuk industri automotif.

Mobil-Mobil Unik dan Menakjubkan di Tokyo Motor Show 2019

Diketahui cellulose nanofiber atau nanoserat selulosa adalah materi yang biasa ditemui di serat kayu. Nah NCV Project dibuat dari serat kayu yang diambil dari serpihan kayu bekas industri. Seluruh serpihan kayu itu dikumpulkan kemudian dijadikan sebagai materi utama pembuatan mobil NCV Project. Dari proyek itu ingin diketahui apakah serpihan kayu layak atau tidak sebagai materi utama pembuatan mobil.

Memang hampir seluruh bagian mobil ini dominan terbuat dari kayu. Misalnya badan mobil hingga interior. Meski terbuat dari kayu mereka mengklaim kekuatan kayu justru lebih baik 1/5 dari materi baja yang biasa digunakan dalam membuat mobil.

Hanya saja mereka tidak menyebutkan spesifikasi teknis mobil ini. NCV Project hanya diklaim digerakkan oleh teknologi fuel cell dan hanya bisa berjalan maksimal 20 kilometer per jam.

Namun desain mobil ini justru sangat menarik karena sangat mirip dengan mobil sport buatan Italia. Penggunaan pintu gunting bahkan membuat NCV Project terlihat eksotis. Disebutkan desainer mobil ini adalah Yuzo Niimi dari Toyota Customizing & Development yang juga merupakan salah satu anggota konsorsium.