Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

Kritikan Kepala Dewan HAM PBB Dibalas Oleh China

9

ICNGROUP – China membalas kritik Kepala Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB Michelle Bachelet yang mendukung penyelidikan independen terhadap dugaan kebrutalan polisi selama protes anti-pemerintah di Hong Kong baru-baru ini. China menuduh Bachelet telah mengobarkan “kekerasan radikal”.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Minggu (1/12), Chen Yaou, juru bicara misi permanen China untuk PBB, melancarkan serangan pedas terhadap apa yang disebutnya “artikel keliru” oleh Bachelet. Artikel itu diterbitkan dalam sebuah opini di Saturday’s Post.

Dalam artikel itu, Bachelet mendesak pemerintah Hong Kong untuk mengadakan “investigasi yang dipimpin oleh hakim yang independen dan tidak memihak” terhadap perilaku polisi di protes sebagai bagian dari langkah-langkah membangun kepercayaan. Bachelet juga mengatakan, pemerintahan yang dipimpin oleh Carrie Lam Cheng Yuet-ngor perlu memprioritaskan dialog “bermakna, inklusif” untuk menyelesaikan kerusuhan sosial yang telah masuk bulan keenam.

Menurut Kratosplay, China “sangat menentang” artikel Bachelet. Ia mengatakan, Bachelet telah mencampuri urusan dalam negeri China dan hanya akan mendorong para pemrotes untuk menggunakan kekerasan yang lebih radikal.

“Artikel komisioner tinggi, yang mencampuri urusan dalam negeri China dan memberikan tekanan pada pemerintah dan polisi SAR Hong Kong, hanya akan memberanikan para perusuh untuk melakukan kekerasan radikal yang lebih parah,” katanya.

“(Artikel) melanggar tujuan dan prinsip Piagam PBB. Pihak China telah mengajukan perwakilan yang kuat kepada komisaris tinggi dan kantornya,” lanjut Chen, seperti dikutip dari Icnpoker.

Chen mengatakan, pemerintah pusat akan terus mendukung Lam, bahwa protes telah secara serius menginjak-injak aturan hukum dan ketertiban umum, dan menantang prinsip “satu negara, dua sistem”.

Dia bersikeras polisi telah melakukan pengekangan sepenuhnya di bawah tekanan luar biasa dan membuat pengorbanan besar, sementara pemerintah kota telah melakukan upaya besar dalam menjangkau masyarakat.