Epic Big Win
Berita Bola, Balapan, Basket, Gadget dan Travel

Lalu Siapa Pemilik Darah Indonesia? Katanya Agnez Mo Tak Punya!

13

ICNGroup – Penggalan wawancara Agnez Mo memancing kehebohan, sebab dalam satu kalimatnya mantan penyanyi cilik ini menyebut ‘tak punya darah Indonesia’. Terbawa emosi, netizen yang tak mendengar kutipan lengkap wawancara tersebut ramai-ramai mempertanyakan nasionalisme Agnez.

“Sebenarnya, aku tidak punya darah Indonesia atau apapun itu. Aku (berdarah) Jerman, Jepang, China, dan aku hanya lahir di Indonesia,” demikian penggalan kalimat Agnez yang viral dan memicu kontroversi tersebut.

Dengan silsilah tersebut, sebenarnya tidak ada yang salah ketika Agnez mengklaim ICNTOGEL tidak punya darah Indonesia. Agnez juga tidak mengatakan ‘bukan orang Indonesia’, apalagi ‘tidak cinta Indonesia’, hanya memang silsilah keluarganya tidak ada yang merupakan penduduk ‘asli’ Indonesia.

Lagipula, siapa sih penduduk asli Indonesia?

Ahli genetika sekaligus periset dari Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Prof Herawati Sudoyo, PhD menyebut memang tidak ada ‘darah’ murni Indonesia. Berbagai suku bangsa yang menghuni Indonesia ternyata mewarisi DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) yang kompleks.

“Kita semua orang ini asalnya Afrika, dan itu sudah diterima secara konsensus. Bahwa asal usul kita dari Afrika,” ujarnya saat paparan dalam acara Sains di Medan Merdeka di Perpustakaan Nasional RI, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

Temuan menarik terungkap ketika musisi Ariel NOAH dan jurnalis kondang Najwa Shihab turut menjadi relawan tes DNA untuk menelusur silsilah nenek moyang. Najwa yang dikenal punya ‘darah’ Arab, justru hanya memiliki 3,48 persen DNA Timur Tengah. Sisanya, didominasi DNA Asia Selatan yakni 48,54 persen.

Bagaimana dengan Ariel? Meski berasal dari Bandung, Ariel mewarisi 79,78 persen gen Asia Selatan, 15,14 persen Asia Timur, dan lain-lain. Intinya, tak seorangpun punya ‘darah’ murni dari Indonesia.

“Penduduk Indonesia tidak berasal dari suku tertentu. Leluhur kita berasal dari berbagai wilayah di dunia yang bermigrasi dan mewariskan DNA serta karakter lain pada keturunannya,” jelas Prof Hera.